Minggu, 18 Februari 2018

Manajemen Desa Wisata IV : Rural Tourism and Recreation


Rural Tourism and Recreation

            Rural Tourism atau Wisata Pedesaan merupakan suatu kegiatan pariwisata di wilayah yang menawarkan daya tarik wisata berupa keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan, baik dari kehidupan, sosial, budaya masyarakat setempat, dan arsitektur bangunan maupun struktur tata ruang desa yang khas atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik .
            Beberapa kegiatan/aktifitas yang dikategorikan sebagai bagian dari Rural Tourism, diantaranya :
1.      Touring/tur merupakan suatu kegiatan perjalanan yang menyenangkan dengan guna untuk menghibur diri, merelaksasikan diri maupun menambah edukasi, dengan cara berkeliling menikmati daya tarik yang ditawarkan dalam destinasi tersebut. Biasanya tur identik dengan menggunakan suatu transportasi. Beberapa kegiatan yang tergolong dalam tur, diantaranya :
-Hiking
-Menunggang kuda
-Tur bermotor
-Menunggang keledai
-Ski lintas desa

2.      Water Related-activities/wisata air merupakan kegiatan berwisata yang secara langsung berhubungan/bersentuhan dengan air. Beberapa kegiatan yang tergolong dalam wisata air yang dapat wisatawan lakukan ketika berada di wisata air, diantaranya :
-Memancing   -Surfing
-Berenang       -Speadboat racing
-Rafting         

3.      Aerial activities/wisata angin merupakan kegiatan berwisata yang memanfaatkan angin sebagai media untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sebagai hiburan. Kegiatan tersebut, contohnya :
-Menaiki pesawat ringan                                            -
-Menaiki pesawat layang dan pesawat tempur
-Menaiki balon udara

4.     Wisata budaya merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik budaya dengan memanfaatkan potensi budaya dari tempat yang dikunjungi tersebut. Untuk dapat menikmati wisata budaya, wisatawan dapat berkunjung di beberapa tempat, seperti :
-Situs arkeologi          
-Situs warisan pedesaan
-Perusahaan industri, pertanian atau kerajinan lokal
-Kursus kerajinan
-Kelompok masyarakat desa

5.      Kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan merupakan suatu kegiatan merelaksasikan diri guna bagi wisatawan untuk mendapatkan kehidupan yang sehat, seperti :
-Fitness
-Kursus bela diri
-Spa dan resor

6.      Passive activities merupakan kegiatan beriwisata dimana wisatawan tidak perlu melakukan usaha/tenaga yang banyak untuk mendapatkannya guna merelaksasikan diri dari kepenatan. Contoh dari kegiatan tersebut, diantaranya :
-Fotografi
-Studi alam : menyaksikan burung-burung
-Menyaksikan pemandangan

7.      Hallmarks event merupakan suatu kegiatan yang disuguhkan kepada wisatawan dalam setting yang menarik dan menghibur, seperti :
-Festival olahraga desa
-Pertunjukan hasil pertanian

8.      Kegiatan bisnis merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh wisatawan yang berasal dari suatu perusahaan/instansi di pedesaan. Contoh dari kegiatan tersebut, diantaranya :
-Wisata incentive dalam jangka pendek
-Acara konverensi dalam skala kecil

9.      Kegiatan olahraga meruapakan suatu aktivitas pariwisata yang cukup menguras tenaga dan menantang adrenalin bagi wisatawan. Untuk menikmati kegiatan ini, wisatawan dapat menikmatinya dalam ruang alam, seperti panjat tebing. Selain dapat dinikmati di alam bebas, wisatawan juga dapat menikmatinya dalam modifikasi yang bagus, seperti bemain tennis, golf, dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar