Kamis, 08 Desember 2016

Taman Tugu Balai Kota Malang



Taman Tugu Balai Kota Malang
 Tidak hanya Yogyakarta saja yang memiliki tugu sebagai lenmark kota tersebut untuk menarik perhatian wisatawan. Di Kota Malang juga terdapat sebuah tugu yang dibangun tepat di bagian Taman Balai Kota Malang. Letaknya berada di jantung kota, sehingga wisatawan tidak usah repot untuk mencarinya. Destinasi wisata ini berada di Jalan Tugu, Kidul Dalem, Klojen, Kabupaten Malang.  Di Taman Tugu Balai Kota Malang, kita tidak perlu khawatir mengenai ongkos masuk, sebab kita tidak akan ditarik uang apapun, hanya saja apabila wisatawan membawa kendaraan pribadi terdapat tempat parkir di sekitar Kantor Balai Kota Malang yang akan dijaga oleh tukang parkir dan hanya membayar Rp. 2000,00. Karena tempat ini selalu ramai, wisatawan juga harus berhati-hati ketika berjalan atau berkendara di jalan sekitar Taman Tugu Kota Malang karena banyak orang yang berkendara dengan kecepatan yang tinggi. 
Keterangan : Lokasi Taman Balai Kota Malang
            Taman Tugu Balai Kota Malang juga  kerap disebut Alun-alun Bunder atau Alun-alun Tugu Malang, sebab taman ini berada pada tengah jalan dan berbentuk bundar. Selain itu juga di taman ini hampir mirip dengan Alun-alun Kota Malang yang bersifat terbuka untuk umum dan ramai selama 24 jam. Dinamakan Taman Tugu Balai Kota Malang karena taman ini berada tidak jauh dari lokasi Kantor Balai Kota Malang. Selain itu juga berdiri kantor pemerintahan lain dan tempat peribadatan, seperti gereja dan lain-lain, sehingga tidak heran apabila taman ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik yang sengaja untuk berwisata di taman maupun mampir setelah menyelesaikan kegiatan di sekitarnya.

Keterangan : Suasana Taman Balai Kota Malang pada Malam Hari
            Ketika wisatawan berkunjung ke destinasi wisata ini, tentu akan takjub dengan monumen tugu yang berdiri kokoh di tengah taman dan terdapat kolam dan air mancur pula di sekitarnya. Tugu yang berdiri kokoh di taman ini berbentuk bambu tajam berarti bahwa senjata inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia untuk melawan tentara Belanda untuk merebut kemerdekaan. Selain itu juga terdapat beberapa bunga teratai yang mengapung begitu cantik di atas kolam yang menambah indahnya tugu tersebut ketika dipandang mata. Ketika saya berlibur di Malang dan berwisata di destinasi ini, tidak hanya terpana dengan air mancur beserta tugu, namun mata saya juga tidak mau berpaling dari banyaknya bunga-bunga yang ditanam sepanjang taman ini, seketika itu juga hati saya merasa tentram dan damai. Ketakjuban saya juga tidak berhenti sampai disitu, karena terdapat pula lampu berbentuk matahari yang dinyalakan setiap malam hari, sehingga suasana di tempat ini terasa lebih asyik. Sayangnya, karena saya berkunjung pada malam hari tidak dapat mengabadikan moment dengan selfie, karena light kurang mendukung untuk itu. Sehingga apabila wisatawan menghendaki untuk berfoto di destinasi wisata ini sebaiknya datang pada pagi hari untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Keterangan : Suasana saat Bersantai di Taman Balai Kota Malang
            Pada malam hari di Taman Tugu Kota Malang juga banyak terdapat pedagang asongan yang menjual beberapa makanan ringan dan minuman hangat, seperti kopi susu dan sebagainya. Seperti yang kita tahu bahwa Kota Malang merupakan salah satu Kota Dingin di Indonesia, sehingga hawa di kota ini kerap dingin, khususnya untuk malam hari. Nah, itulah solusi bagi wisatawan yang berkunjung disini pada malam hari namun takut masuk angin. Selain itu juga disediakan kursi panjang sebagai tempat beristrahat bagi wisatawan sambil memandang panorama yang keren ini. Selain diramaikan oleh pengunjung yang berwisata, di taman ini juga dapat kita temukan aktifitas masyarakat yang biasa berolahraga di sekitar taman. Mereka lebih memilih tempat yang banyak ditumbuhi banyak tanaman dan bunga, sehingga sirkulasi udara yang dihirup lebih segar dan membuat badan menjadi lebih bugar. 

            Karena menariknya polesan Taman Tugu Balai Kota Malang ini, beberapa ftv di salah satu stasiun televisi yang memilih tempat ini sebagai setting dari acara tersebut, tentunya dengan hal itu dapat meningkatkan minat bagi masyarakat untuk mencoba salah satu daya tarik di Kota Malang ini.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar