Rabu, 07 Desember 2016

Kebun Teh Wonosari



Kebun Teh Wonosari 


          Destinasi wisata yang berada di Malang, Jawa Timur memang tidak bisa diragukan lagi. Banyak para wisatawan yang berdatangan ke Malang untuk berwisata karena merasa nyaman dengan suasana dan keindahan kota yang populer dengan julukan Kota Bunga ini, salah satu destinasi wisata favorit wisatawan ialah Kebun Teh Wonosari. Lokasi destinasi ini memang sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai atmosfer pedesaan, jauh dari bisingnya lalu alang kendaraan, dan cuaca yang tidak begitu panas. Kenikmatan tersebut cukup bisa dirasakan sebab Kebun Teh Wonosari berada di 6 km dari Lawang, 30 km di sebelah utara pusat Kota Malang dan berada di perbatasan Malang dan Surabaya dengan ketinggian antara 950-1.250 MDPL . Untuk alamat tepatnya, kebun teh ini berada di kaki Gunung Arjuno, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosarsi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Maka dari itu, tidak heran apabila wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktunya untuk bercengkrama bersama keluarga, teman, kekasih ataupun merelaksasikan diri dari jenuhnya aktifitas yang begitu memforsir tenaga dan pikiran.
Keterangan : Rute Menuju Kebun Teh Wonosari

Bagi wisatawan yang berminat berwisata ke Kebun Teh Wonosari tidak usah memikirkan uang yang harus dibawa, sebab dengan uang yang tidak begitu fantastis jumlahnya, wisatawan sudah dapat menikmati panorama kebun teh ini. Harga tiket masuk yang ditawarkan sebesar Rp. 10.000,00 untuk hari biasa dan Rp 15.000,00 untuk hari Minggu/libur, sedangkan  untuk parkir hanya ditarik Rp. 2000,00 untuk motor dan Rp. 5000,00 untuk bus. Akses menuju destinasi ini cukup mudah, kita hanya perlu mengikuti penunjuk arah yang sudah tersedia di sepanjang jalan dari pusat Malang. Selama perjalanan menuju Kebun Teh Wonosari, kita akan melewati beberapa jalan yang cukup berliku-liku yang akan membuat wisatawan sedikit lebih konsentrasi dalam mengendari, bahkan kita juga bisa melihat sederetan rumah dan sedikit kegiatan warga desa yang biasa dilakukannya. Untuk bisa sampai disini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Apabila wisatawan memilih  menggunakan angkutan umum dari kota Malang ke arah Surabaya yang akan melewati terminal Lawang, setelah turun di terminal Lawang, naiklah angkutan yang khusus menuju Wonosari. Jika datang bersama dengan rombongan, kita bisa carter kendaraan yang ada di terminal tersebut. Biasanya tarif yang ditawarkan sekali jalan hanya Rp 25.000.

Keterangan : Pintu Masuk Kebun Teh Wonosari
Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa untuk menikmati sensasi kesejukan Kebun Teh Wonosari, wisatawan memang tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi. Meskipun demikian, tentu tidaklah menurunkan kualitas dari destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya ini. Banyak hal yang ditawarkan untuk menunjang rasa kepuasan wisatawan yang berkunjung, misalnya para petugas juga dilengkapi dengan jiwa hospitalitas yang tinggi, mulai dari petugas loket, petugas parkir, hingga petugas yang berada pada kantor informasi. Apabila kita hendak bertanya tentang sedikit informasi kebun teh ini, mereka akan menjawabnya dengan nada yang sopan dan santun. Sedangkan apabila kita memerlukan informasi detail, datanglah di pusat informasi yang sudah disediakan oleh pengelola dan pemerintah. Namun, tidak sembarang orang bisa menggali informasi, seperti wawancara dengan petugas, kita harus menunjukkan identitas atau surat resmi dari instansi/universitas asal kita. Ketika saya bertemu dengan mereka, menurut salah satu petugas di kantor pusat informasi tersebut mengatakan bahwa Kebun Teh Wonosari ini merupakan kebun teh pertama kali di Jawa Timur yang dijadikan sebagai destinasi wisata dan berdiri dibawah pemerintah. Jadi apapun informasi atau segala sesuatu seputar Kebun Teh Wonosari harus diperhatikan dan melalui prosedur yang semestinya.

Keterangan : Kantor Pusat Informasi dan Peta Lokasi
Tidak jauh dari lokasi Kantor Pusat Informasi, terdapat peta Kebun Teh Wonosari yang terpampang jelas guna penunjuk arah wisatawan agar tidak bingung saat berkeliling menikmati pemandangan di kebun teh ini. Selain itu juga terdapat gambar mengenai fasilitas, sarana dan prasarana serta akomodasi yang dapat kita nikmati, seperti penginapan, playground, wall climb, dan sebagainya. Hal itu juga dapat mempermudah wisatawan dalam menentukan kegiatan yang akan dilakukan selama disini, selain hanya berkeliling.
Tentu kita sudah tahu bahwa atraksi utama di destinasi wisata ini adalah kebun teh. Hamparan tumbuhan teh yang membentang luas dapat kita saksikan di kawasan ini. Bahkan, sebelum memasuki pintu utama, kita juga sudah dimanjakan dengan pemandangan menakjibkan tersebut. Tumbuhan teh tersebut terlihat cukup dirawat dengan baik oleh petani/pengelola, sehingga ketika kita melihat hamparan tumbuhan teh terlihat hijau, segar dan dapat menyejukkan hati. Seperti study riset yang sering kita temukan bahwa memandang tumbuhan hijau dapat menyegarkan mata, menyembuhkan penyakit mata, dan mengurangi tingkat stress. Maka dari itu, destinasi ini juga dapat dijadikan tujuan wisata andalan bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi dan buktikan sensasinya.

Keterangan : Hamparan Kebun Teh Wonosari
Di sekitar hamparan tumbuhan teh juga tersedia wall climb yang siap digunakan bagi para wisatawan yang hobi panjat tebing dan olahraga semacamnya. Ketika kita sampai diatas wall climb, kita akan lebih jelas memandang hamparan tumbuhan teh, pepohonan yang tumbuh disekitarnya, dan bangunan gubuk yang dikemas dalam bentuk yang unik.  Di sekitar sini juga kita bisa menyaksikan aktifitas yang dilakoni oleh para petani yang merawat kebun teh ini dengan semangat. Jangan lupa menyapa mereka ketika bertemu atau bahkan sedikit mengobrol pun tidak masalah. Mereka akan dengan senang hati menanggapi kita, bahkan ketika saya sedang selfie disana mereka menyarankan untuk tidak pergi jauh-jauh menyusuri hamparan kebun teh, karena juga beberapa kali terjadi masalah wisatawan dicopet saat sedang asyik berfoto ria di sekitar kebun teh ini. Jangan lupa juga bagi wisatawan untuk memakai pakaian yang agak tertutup atau mengoleskan obat nyamuk pada badan, karena seperti yang kita tahu bahwa nyamuk dan serangga lainnya akan hidup di sekitar tumbuhan dan cuaca yang lembap/dingin.
Setelah berjalan-jalan menyusuri hamparan kebun teh, wisatawan juga dapat merasakan serunya bermain wahana yang sudah disediakan, seperti jeep, fun trail, dan sebagainya. Bagi wisatawan yang mengajak anak-anak dapat mencoba wahana di playground, seperti ayunan, joncat-joncit, dan sebagainya. Terdapat beberapa pedagang asongan yang stay di dekat playground dan menjual berbagai jajanan dengan harga yang murah, seperti tempura, telur gulung, dan semacamnya. Oleh karena itu, para wisatawan yang mengajak buah hati, adik atau keponakan tidak usah khawatir untuk ikut memanjakannya. Segmentasi pasar destinasi wisata ini memang untuk wisatawan dari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 
Keterangan : Akomodasi di Kebun The Wonosari
Kurang lengkap rasanya apabila mengunjungi Kebun Teh Wonosari jika tidak berkunjung ke Tea House. Restaurant yang cukup luas ini tentunya menyediakan teh hasil panen dari destinasi wisata ini. Selain menikmati hamparan teh yang luas, kita juga bisa menikmati rasa khasnya. Di restaurant ini pula kita menemukan banyak orang-orang yang berkumpul sambil menyeduh teh dengan asyik, bahkan juga terdapat segerombolan orang yang sengaja menyewa tempat tersebut untuk rapat. Tidak hanya restaurant tersebut, namun juga terdapat warung makan yang berjejer rapi di sekitar Kebun Teh Wonosari dengan harga yang sangat terjangkau. Menu yang biasa disediakan seperti nasi pecel, rawon, soto, dan sebagainya.

Keterangan : Tea House di Kebun Teh Wonosari
Akomodasi yang ada di daerah ini terbilang lengkap dan terjaga dengan baik, seperti toilet yang lokasinya tidak jauh dari tempat utama di Kebun Teh Wonosari. Selain itu, juga terdapat tempat penginapan di sekitar destinasi ini, dari harga yang murah sampai harga yang cukup tinggi. Harga tersebut disesusaikan dengan type tempat penginapan, diantaranya ialah Tentera Room 10 dengan harga Rp. 190.000,00  wisatawan dapat menikmati fasilitas yang terdiri dari 1 kamar, TV, spring bed, air panas dan dingin, service untuk 2 orang, makan pagi, minuman teh pagi dan sore, souvernir teh dan voucher kolam renang. Sedangkan untuk harga yang lebih tinggi, misalnya ialah Wisma Kakao seharga Rp. 1.400.000,00 dengan fasilitas 6 kamar tidur, TV, spring bed (twin), air panas dan dingin, service untuk 12 orang : makanan pagi, minuman teh pagi dan sore, souvernir teh dan voucher kolam renang. Tempat penginapan yang berada disini disesuaikan dengan kebutuhan para wisatawan, baik berkelompok ataupun individu/keluarga kecil. Jadi, kita tidak perlu khawatir mengenai budget yang minim, namun masih ingin lebih lama bermanja-manja di Kebun Teh Wonosari.

Keterangan : Toilet di Kebun Teh Wonosari
Kebun yang memiliki luas sekitar 1.144 hektar ini sangat recommended bagi wisatawan yang hendak berwisata ke Kota Malang. Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan saat berlibur disini dengan biaya yang sederhana. 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar